02 Februari 2009

Ngebut Itu Sehat

Oleh : Puji Rahmat Se., Mm.

08-Jan-2007, 08:40:00 WIB - [www.kabarindonesia.com]

Ngebut itu sehat .....? Sengaja saya mengambil judul tulisan saya kali ini dengan judul yang kontroversial dan sedikit menentang arus pemikiran umum yang selama ini kita kenal.....Ngebut kok di bilang sehat .... Mungkin itu komentar Anda pertama kali .....

Saya tidak mencoba mencari sensasi dari tulisan ini ...... Saya coba menuangkan ide yang selama ini mengusik saya ketika setiap kali mengendarai kendaraan roda dua yang mengantarkan saya dari rumah menuju tempat aktivitas saya.....

Melalui tulisan ini saya mengajak teman-teman semua untuk sedikit menahan diri dan sedikit membuka arus pemikiran yang tidak sesuai dengan paradigma Anda .....Jadi esensi tulisan ini bukan mengenai ngebut yang tidak sehat dan tidak aman .....
Inti tulisan ini mengajak kita semua untuk membuka diri, menahan kontra-opini, dan melakukan analisa dalam sudut pandang yang berbeda .....Tak perlu berpanjang lebar dalam pengantar tulisan ini ......

Ketika muncul ide "Ngebut Itu Sehat"Saya berharap kita mulai menerjemahkan istilah Ngebut dengan sudut pandang yang sama dalam pemikiran saya ...... di sini saya mengajak Anda meninggalkan diri Anda dan masuk dalam paradigma saya......

Ngebut adalah suatu proses yang kita lakukan diatas kecepatan rata-rata normal yang biasa kita lakukan ........Contoh yang paling sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah mengebut di jalan raya .....Orang yang melaju dengan kecepatan diatas rata-rata orang lain disebut dengan mengebut .......

Saya sependapat dengan definisi ini... Jadi tak ada yang perlu kita perdebatkan...
Kita sebut sebagai mengebut ketika kita bergerak di atas kecepatan rata-rata .... Jadi dalam konteks ini, ngebut sebagai suatu relativitas, tidak ada angka baku untuk standar sebagai kategori dikatakan mengebut .....Mungkin saya akan sedikit menyinggung teori relativitas Einstein E=mc2 ......Tapi sebelum berangkat ke sana, saya coba sampaikan beberapa premis causa sehingga saya mengambil sebuah hipotesa "Ngebut Itu Sehat" .....

Pertama, dengan bergerak di atas kecepatan rata-rata yang pernah kita lakukan maka kita akan lebih berkonsentrasi .......Dengan konsentrasi yang lebih, maka produktifitas yang kita lakukan akan meningkat ..... jika dengan kecepatan 20 km/jam Anda menempuh jarak 25 km dengan waktu satu jam lebih, ketika Anda ‘Ngebut' dengan kecepatan 50 km/jam maka anda memakan waktu ½ jam .... Bukankah produktifitas Anda meningkat, dengan waktu ½ jam yang lebih ini, anda bisa melakukan hal lain yang lebih bermanfaat .... Ketika Anda melakukan segala sesuatu dengan lebih berkonsentrasi, otomatis organ tubuh Anda akan lebih sehat tentunya .....

Kedua, dengan bergerak lebih cepat dijalanan alias ‘Ngebut' maka kondisi tidak sehat di jalanan bisa kita kurangi...... Saya pikir, kita semua sepakat, kalau udara di jalanan Jakarta kurang sehat untuk paru-paru kita ....... Dengan bergerak lebih cepat, kita bisa lebih sehat .........

Ketiga, dengan bergerak di atas kecepatan rata-rata kita akan lebih lama merasakan hidup di dunia ini ....... Anda bingung .......Saya akan kaitkan premis ketiga ini dengan teori relativitas Einstein, namun saya tidak mengupas E=mc2 nya.... Saya ambil poin-nya saja ........Dengan bergerak lebih cepat, maka secara relatif Anda akan merasakan waktu yang lebih lama ....... Mengapa, dalam waktu yang sama Anda bisa merasakan dan melakukan lebih banyak hal ..... dengan demikian, secara relatifitas waktu yang terasa lebih lama ini, bukankah berarti Anda lebih panjang hidup di dunia ini ............ J coba direnungkan sejenak J ......

Baiklah.... kita kembali ke laptop! J ...... tiga hal diatas tentu tidak ada artinya ketika kita mengkompensasi ‘Ngebut ‘ dengan risk yang untolerable .....Hal yang ingin saya sampaikan adalah kita Ngebut yang Sehat tapi juga harus aman .......Anda harus bisa mengkalkulasi tingkat resiko yang akan Anda kompensasikan dengan ‘relativitas Ngebut' yang Aman ....

Jika dengan kecepatan 40 km/jam merupakan kecepataan rata-rata Anda, maka mencoba dengan 50 km/jam sebagai suatu tingkat mengebut yang aman .... Dengan 50 km/jam Anda harus yakin bahwa segala risk bisa Anda kendalikan .....Atau bisa juga kecepatan on-average Anda adalah 60 km/jam maka mencoba bergerak dengan kecepatan 70 km/jam patut dipertimbangkan dengan asumsi semua risk bisa diatasi .....

Kesimpulan tulisan ini ....... Lakukanlah hal-hal di atas kecepatan rata-rata yang selama ini Anda lakukan .....
Jika selama ini dalam satu bulan cuma bisa menghabiskan baca satu buku, maka cobalah ‘Ngebut' baca tiga buku dalam waktu satu bulan .......

Jika selama ini pekerjaan Anda selesaikan dengan waktu rata-rata umum, maka cobalah ‘Ngebut' dalam menyelesaikan pekerjaan Anda, namun tetap dengan tingkat akurasi yang tinggi pula .....

Biar Ngebut Asal Selamat, Biar Ngebut Asal Akurat, Biar Ngebut Asal Sehat ......

Depok, 7 Januari 2007 ; 22.00 wib.
Salam ......
Puji Rahmat
Tulisan ini juga saya buat dengan ngebut kok ..... !!

Tapi Inget Ngebut Itu tetep BAhaya !!!

0 komentar:

Posting Komentar